Jumat, 20 Juli 2012

Pengertian Jurnal dan Fungsinya


·           Jurnal
Jurnal merupakan catatan pertama yang terjadi didalam proses akuntansi. Meskipun transaksi-transaksi yang terjadi dapat langsung dimasukkan kedalam buku besar, akan lebih tepat jika transaksi terlebih dahulu dicatat kedalam jurnal, baru kemudian jumlah debit dan kreditnya ditransfer ke rekening buku besar yang sesuai. Jurnal menyediakan satu ruangan yang lengkap untuk mencatat suatu transaksi yang terjadi secara kronologis (urut waktu terjadinya). Didalam jurnal terdapat nama dan jumlah uang dari masing-masing rekening atau rekening-rekening yang didebitkan atau dikreditkan. Oleh karena itu dengan jurnal memungkinkan untuk mereview seluruh pengaruh transaksi-transaksi penting perusahaan. Jumlah jurnal dari setiap macam bentuk untuk perusahaan satu dengan perusahaan lainnya tergantung dari sifat kegiatan perusahaan dan frekuensi serta jenis transaksi (Kardiman,2003,h:73-75).
Ø  Fungsi Jurnal
jurnal mempunyai fungsi sebagai berikut :
a.       Fungsi Historis artinya pencatatan setiap bukti transaksi dilakukan secara urut berdasarkan tanggal terjadi transaksi.
b.      Fungsi mencatat artinya semua transaksi harus dicatat dalam buku jurnal.
c.       Fungsi analis artinya pencatatandalam jurnal merupakanhasil analis transaksi berupa pendebitan dan pengkreditan akun-akun yang terpengaruh berikut jumlahnya.

0 komentar:

Poskan Komentar