Jumat, 20 Juli 2012

Diagram HIPO



HIPO merupakan akronim dari Hierarchy plus Input-Proses-Output. HIPO ini merupakan paket yang berisikan suatu set diagram yang secar grafis menjelaskan fungsi suatu sistem dari tingkat umum ke tingkat khusus. Mula-mula tiap fungsi utama diidentifikasi dan kemudian dibagi lagi kedalam tingkatan fungsi yang lebih. HIPO dikembangkan oleh IBM (Suryadi,1996,h:41-43).

Ø  Penggunaan dan Tujuan HIPO
seperti halnya beberapa peralatan terstruktur lainnya tentang perkembangan sistem informasi, HIPO benar-benar merupakan alat dokumentasi program. Dalam pemrograman, flowchart dipakai untuk menjelaskan logika program. Hal ini dilakukan modul program tidak dijelaskan dalam flowchart. Seperti pada salah satu terbitan IBM (IBM 75), beberapa personel IBM percaya bahwa dokumentasi pada tahap-tahap perkembangan sistem informasi.
Sebagai teknik dokumentasi dan perkembangan sistem, tujuan utama HIPO dapat diringkas sebagai berikut :
1.      Untuk memberi struktur yang memungkinkan fungsi sistem dimengerti.
2.      Untuk menguraikan fungsi-fungsi yang akan dikerjakan oleh suatu program, bukan mengkhususkan penataan program yang dipakai untuk melaksanakan fungsi.
3.      Untuk memberikan diskripsi visual dari input yang akan dipakai serta output yang akan dihasilkan oleh masing-masing fungsi pada tiap-tiap tingkat program.
Tujuan suatu yang paling penting adalah untuk menghasilkan output yang benar serta dapat memenuhi kebutuhan pemakai. Dengan diagram HIPO kita dapat melihat bagaimana input dipindahkan kedalam output. Program otomatis seperti HIPODRAW dipakai untuk memberikan dokumentasi HIPO yang dirawat dan dihasilkan komputer. Program ini dapat menerima pernyataan tertulis pemakai serta dapat menghasilkannya dengan komponen yang semuanya berstandar paket HIPO.
Ø  Jenis-jenis Diagram dalam paket ini
Ciri-ciri paket HIPO bahwa paket ini berisi tiga jenis diagram ;
1.      Daftar isi Visual/Visual Tabel of Containts (VTOC) : satu atau lebih diagram hierarki.
2.      Diagram Ringkasan : suatu seri diagram fungsional dan masing-masing diagram dihubungkan dengan salah satu fungsi sistem.
3.      Diagram Rinci : suatu seri diagram fungsional dan masing-masing diagram dihubungkan dengan sebuah sub sistem.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terima kasi atas materinya

Posting Komentar