Jumat, 20 Juli 2012

Dasar-dasar Pemrograman Visual Studio



Program pada Visual Studio dikenal dengan istilah Modular Programming yang artinya kode-kode program diletakkan secara tersebar bergantung pada komponen-komponen aplikasi tersebut. Arti dari program itu adalah instruksi-instruksi yang ditulis oleh programmer yang memerintahkan aplikasi untuk melakukan tugas tertentu, seperti melakukan perhitungan, memanipulasi data, mambuka atau menjalankan aktivitas tertentu, merespon input dari user, menghasilkan keluaran, dan sebagainya. Fungsi program pada Visual Studio adalah untuk menyatukan kontrol-kontrol yang ada didalam aplikasi.
Pada Visual Studio, kode-kode pemrograman biasanya diletakkan pada objek-objek seperti objek form, control, dan modul standar.
1.      Pemrograman pada Visual Studio
Pada aplikasi Visual Studio berisi komponen-komponen berupa objek. Setiap objek memiliki even atau aksi. Jika user memanipulasi suatu objek (misalnya mengklik, mengetik, meletakkan krusor, dan sebagainya), itu adalah even-even yang akan memicu metode yang terdapat didalam objek tersebut. Metode yang sebenarnya adalah kode program itu sendiri akan menghasilkan aksi tertentu pada aplikasi tesebut. Kode program adalah instruksi-instruksi yang ditulis oleh programmer yang memerintahkan aplikasi untuk melakukan tugas tertentu, seperti misalnya melakukan perhitungan, memanipulasi data, membuka atau menjalankan aktivitas tertentu, merespon input dari user, menghasilkan keluaran, dan sebagainya. Program Visual Studio berfungsi menyatukan kontrol-kontrol yang ada dalam aplikasi.
2.      Letak Kode Program
Pada program Visual Studio menngunakan konsp modular programming kode-kode program diletakkan terpisah-pisah. Tidak seperti linear programming dimana kode-kode program dituliskan didalam satu tempat, pada modular programming kode-kode program letaknya tersebar, bergantung pada komponen-komponen aplikasi tersebut.
3.      Cara Penulisan Program
Visual Studio sebagai sebuah bahasa pemrograman juga memiliki beberapa cara penulisan serta aturan yang harus diketahui untuk membuat aplikasi yang baik, diantaranya :
a)      Cara penulisan Event Procedure
Procedure Event adalah kode-kode program yang dijalankan apabila event dari suatu objek (kontrol) dipicu oleh user. Procedure Event dimulai dengan kalimat Private Sub  dan diakhiri dengan kalimat End Sub. Blok  ini membentuk awal dan akhir dari suatu procedure event.
b)      Cara Penulisan Event
Visual Studio sudah menyediakan event-event pada suatu daftar yang hanya memilih yang mana yang dibutuhkan. Klik pada kotak daftar nama event disebelah kanan atas jendela kode untuk menampilkan daftar event-event yang bisa digunakan. Setiap kali memilih salah satu event pada daftar tersebut, secara otomatis akan dibuat sebuah kerangka program untuk event tersebut beserta kontrolnya yang bersangkutan.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bikin tutorial nya dong gan ane newbie nih pgn belajar bair ada kegiatan malam

Unknown mengatakan...

bikin tutorial nya dong gan ane newbie nih pgn belajar bair ada kegiatan malam

Posting Komentar