Senin, 11 Maret 2013

Cara Mengetahui Letak Titik Koordinat Menggunakan Aplikasi Google Earth


Kali ini saya akan menuliskan cara mengetahui titik koordinat letak dimana saya pernah menimba ilmu, yaitu SMA Negeri 3 Bogor, alangkah baiknya sebelum kita mengetahui letaknya, maka saya akan menjelaskan sedikit beberapa pengertian dalam dunia geografis.

Koordinat adalah suatu titik hasil dari perpotongan antara garis lintang dan garis bujur yang menunjukan suatu objek baik itu orang ,lokasi pesawat jatuh, atau gedung dalam sebuah lokasi di lapangan/bumi dengan di peta.Garis lintang adalah garis vertikal yang mengukur sudut antara suatu titik dengan garis katulistiwa.

Titik di utara garis katulistiwa dinamakan Lintang Utara sedangkan titik di selatan katulistiwa dinamakan Lintang Selatan.

Garis bujur adalah garis horizontal yang mengukur sudut antara suatu titik dengan titik nol di Bumi yaitu Greenwich di London Britania Raya yang merupakan titik bujur 0° atau 360° yang diterima secara internasional. Titik di barat bujur 0° dinamakan Bujur Barat sedangkan titik di timur 0° dinamakan Bujur Timur.

Sekarang saatnya kita membahas inti dari penulisan ini yaitu menentukan titik koordinat SMA Negeri 3 Bogor menggunakan software Google Earth.

1. Langkah pertama, buka aplikasi Google Earth pada komputer anda.

2. Setelah muncul seperti gambar diatas, lalu masukkan nama lokasi pada kolom "search", contoh yang saya pakai adalah lokasi SMA Negeri 3 Bogor. Lihat pada gambar dibawah ini :


3. Gambar diatas masih tidak terlihat jelas, maka untuk lebih jelasnya tekan Scroll mouse keatas, untuk zoom letak yang kita inginkan. hasilnya seperti gambar di bawah ini :


4. Kemudian beri tanda pada lokasi SMA Negeri 3 Bogor untuk mengetahui titik koordinat sekolah tersebut, maka hasilnya akan muncul seperti gambar di bawah ini :




5. Maka letak SMA Negeri 3 Bogor terletak pada   6°36'26.31"S(lintang selatan) dan 106°48'39.70"E (bujur timur).







2 komentar:

Unknown mengatakan...

terima kasih mas bro ,,sudah berbagi

Unknown mengatakan...

bagaimana cara mengetahui posisi seseorang melalui nomor hp atau nomor imei,,,,sangat dibutuhkan

Posting Komentar