Selasa, 05 Maret 2013

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS


Apa itu Sistem ? Sistem  merupakan kumpulan dari sub-sub sistem, elemen-elemen, prosedur-prosedur yang saling terhubung dan saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Dan apa itu Informasi ? Informasi merupakan data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi pengguna dan mempunyai nilai yang nyata atau dapat dirasakan manfaatnya dalam keputusan-keputusan yang akan datang.
             Jadi menurut Tafri D. Muhyuzir Sistem Informasi adalah data yang dikumpulkan, dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah satu kesatuan informasi yang saling terkait dan saling mendukung sehingga menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya. Atau dalam pengertian lainnya, Sistem Informasi merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang  membentuk satu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memproses dan menyimpan serta mendistribusikan informasi.
Cakupan Sistem Informasi itu sangat luas, karena dalam era kemajuan teknologi ini suatu sistem informasi sangat diperlukan dalam perkembangan bisnis dan kecepatan memperoleh informasi.
Dibawah ini ada beberapa contoh cakupan Sistem Informasi, yaitu :

1. Sistem Informasi Manufaktur : Sistem informasi yang bekerja sama dengan sistem informasi lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan.
2. Sistem Informasi Akutansi : Sistem informasi yang menyajikan informasi yang dipakai oleh dipakai fungsi akutansi. Sistem ini mencakup semua transaksi yang berhubungan dengan keuangan di sebuah perusahaan atau organisasi.
3. Sistem Informasi SDM : Sistem informasi yang digunakan oleh perusahaan khususnya di bagian personalia.
4. Sistem Informasi Keuangan : Sistem informasi yang menyediakan informasi pada fungsi keuangan yang menyangkut keuangan perusahaan.
5. Sistem Informasi Pemasaran : Sistem Informasi yang menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh fungsi pemasaran.

Sejauh ini saya sebagai mahasiswa yang berkecimpung di dunia teknologi informasi, saya mempelajari beberapa bahasa pemrograman yaitu bahasa pemrograman Quick Basic, C++, Pascal, Cobol, Visual Basic, dan bahasa pemrograman Java. Dari sebanyak itu yang saya pelajari, saya lebih banyak mendapatkan ilmu hanya sebatas teori dan pembuatan pemrograman sederhana saja, dan ada satu bahasa pemrograman yang saya suka yaitu bahasa pemrograman Visual Basic, karena saya suka dan tertarik dengan bahasa pemrograman tersebut saya mempunyai keinginan untuk memperdalam pemahaman tentang Visual Basic. Dan akhirnya dalam memenuhi persayaratan kelulusan D3 di Universitas Gunadarma, saya membuat penulisan ilmiah yang menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic, dalam penulisan tersebut saya membuat sebuah aplikasi yang berkaitan dengan proses akuntansi dalam suatu home industri, lebih tepatnya aplikasi yang saya buat adalah Aplikasi Perhitungan Laba Home Industri Boneka.

Dan tidak terasa kini saya sudah menapaki semester 8 dalam perkuliahan. Saya mendapatkan mata kuliah yang berjudul Sistem Informasi Geografis, dari judul mata kuliahnya saja sudah menarik, yang saya bayangkan pertama kali tentang Sistem Informasi Geografis itu adalah bagaimana sistem informasi dapat menembus batas geografis atau keadaan alam, sehingga walau dalam keadaan alam seperti apapun sebuah informasi dapat diberikan dengan cepat melalui suatu sistem yang sangat canggih. Yang saya akan harapkan dalam mempelajari Sistem informasi Geografis ini, saya paham secara teori apa itu SIG, dan saya mengerti bagaimana informasi tersebut bisa sampai dengan menggunakan aturan dari SIG.


0 komentar:

Posting Komentar