Minggu, 21 Oktober 2012

REVIEW ERP (COMPIERE) ( BUSINESS PARTNER)


ERP adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. Dalam ERP terdapat beberapa aplikasi yang mendukung untuk menjalankan proses sistem tersebut. Salah satunya yang akan saya bahas adalah aplikasi compiere. 

Compiere adalah salah satu perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) yang teraplikasi dengan solusi perangkat lunak CRM (Customer Relationship Management) yang terintegrasi secara lengkap dan bersifat Open Source. Compiere yang merupakan perangkat lunak ERP memberikan solusi bisnis dalam banyak hal, baik untuk perusahaan kecil maupun perusahaan menengah dalam distribusi dan pelayanan yang berbasis global dan mencakup semua area dari manajemen pelanggan (Customer Management) sampai rantai persediaan untuk laporan akunting. Salah satu modul dalam compiere ini akan saya bahas secara umum beserta tampilan aplikasinya.

Business Partner pada compiere adalah sebuah entity dengan siapa kita melakukan bisnis atau transaksi. Business Partner memiliki rule seperti Customer, Vendor dan karyawan (orang – orang yang akan dibayar atau membayar dan membutuhkan data). Untuk mempunyai satu entity dengan jumlah lebih besar dari tiga khususnya yang menyulitkan , jika business partner mempunyai lebih dari satu pemakai maka untuk pembayaran yang mudah pelanggan atau customer mendapat faktur dengan kondisi potongan.Business Partner dimulai dengan membedakan antara penjual dan Purchase role. Apabila akan memasukkan atau mengambil produk kita harus mendefinisikan Vendor.
Fungsi business partner adalah :
  • Business Partner Compiere jauh lebih fleksibel dibanding kebanyakan aplikasi.
  • Business Partner bisa merupakan suatu Vendor (pemasok), suatu Customer (pembeli) , suatu Employee (karyawan) atau kombinasi dari ke tiganya.
  • Memudahkan kendali akses untuk fungionalitas “self-service’ dan mengijinkan analisa regional dan optimisasi pengiriman.

Berikut tampilan dari modul business partner pada compiere :


Tools-tools yang ada pada business partner :
  • Pos order digunakan untuk situasi penjualan yang melebihi perhitungan (over the counter), di mana pelanggan memilih barang-barang dan pembayarannya dilakukan dengan kredit, biasanya digunakan untuk pelanggan yang diketahui (on account).

  • Shipment merupakan indikasi pengiriman langsung barang kepada pelanggan tanpa adanya penampungan atau perpindahan terlebih dahulu dari inventaris penjual.

  • Orderline untuk mengisi berbagai informasi yang berhubungan dengan produk yang dipesan. Untuk metode pengisiannya, sama dengan pengisian pada bagian Order.
Langkah langkah Setup Business Partner :
1. Membuat Business Partner Group
- Common Accounting
- For Reporting Purposes

2. Setup Greeting
- Untuk Business Partner & Contact

3. Menentukan Payment Term
- Untuk Sales Order dan Purchase Order

4. Menentukan Invoice Schedule
- Summary Invoices for Shipments
- Locations
- Ship – Invoice
- Pay From – Remit To

5. Menentukan Withholding,
- Quality, Tax (1099)

6. Menentukan Dunning

7. Menentukan Re9nue Recognition

8. Import Business Partner

9. Membuat / Update Business Partner



0 komentar:

Posting Komentar