Selasa, 27 September 2011

Perkembangan Bahasa Indonesia Saat Ini

Bagaimanakah perkembangan bahasa Indonesia saat ini ??.. sebelum kita mengarah kepada perkembangan bahasa Indonesia saat ini, alangkah baiknya kita telusuri dulu cikal bakal dari bahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.
Dari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak ragam bahasa Melayu. Dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Riau (wilayah Kepulauan Riau sekarang) dari abad ke-19. Dalam perkembangannya ia mengalami perubahan akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja di lingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses pembakuan sejak awal abad ke-20. Penamaan "Bahasa Indonesia" diawali sejak dicanangkannya Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, untuk menghindari kesan "imperialisme bahasa" apabila nama bahasa Melayu tetap digunakan. Proses ini menyebabkan berbedanya Bahasa Indonesia saat ini dari varian bahasa Melayu yang digunakan di Riau maupun Semenanjung Malaya. Hingga saat ini, Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup, yang terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing.
Meskipun dipahami dan dituturkan oleh lebih dari 90% warga Indonesia, Bahasa Indonesia bukanlah bahasa ibu bagi kebanyakan penuturnya. Sebagian besar warga Indonesia menggunakan salah satu dari 748 bahasa yang ada di Indonesia sebagai bahasa ibu. Penutur Bahasa Indonesia kerap kali menggunakan versi sehari-hari (kolokial) dan/atau mencampuradukkan dengan dialek Melayu lainnya atau bahasa ibunya. Meskipun demikian, Bahasa Indonesia digunakan sangat luas di perguruan-perguruan, di media massa, sastra, perangkat lunak, surat-menyurat resmi, dan berbagai forum publik lainnya, sehingga dapatlah dikatakan bahwa Bahasa Indonesia digunakan oleh semua warga Indonesia.
Setelah kita baca sekilas dari wacana di atas mari kita bandingkan dengan bahasa Indonesia pada zaman sekarang. Dalam kehidupan sehari-sehari kita dapat melihat perbedaan-perbedaan cara penggunaan bahasa seseorang dalam berbicara, misal dari golongan remaja saat ini seringkali menggunakan bahasa yang berbeda dan dinamakan ‘bahasa gaul’, Bahasa gaul adalah ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan di Jakarta pada tahun 1980-an hingga saat ini menggantikan bahasa prokem yang lebih lazim dipakai pada tahun-tahun sebelumnya. Ragam ini semula diperkenalkan oleh generasi muda yang mengambilnya dari kelompok waria dan masyarakat terpinggir lain. Sintaksis dan morfologi ragam ini memanfaatkan sintaksis dan morfologi bahasa Indonesia dan dialek Betawi. Bahasa prokem adalah ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan di Jakarta pada tahun 1970-an yang kemudian digantikan oleh ragam yang disebut sebagai bahasa gaul. Bahasa prokem ditandai oleh kata-kata Indonesia atau kata dialek Betawi yang dipotong dua fonemnya yang paling akhir kemudian disisipi bentuk -ok- di depan fonem terakhir yang tersisa. Misalnya, kata bapak dipotong menjadi bap, kemudian disisipi -ok- menjadi bokap. Diperkirakan ragam ini berasal dari bahasa khusus yang digunakan oleh para narapidana. Seperti bahasa gaul, sintaksis dan morfologi ragam ini memanfaatkan sintaksis dan morfologi bahasa Indonesia dan dialek Betawi. Dari penjelasan dua jenis bahasa di atas kini semakin dikembangkan menjadi banyak ragam bahasa-bahasa gaul lainya, beberapa nama bahasa yang saya tahu adalah bahasa sms, bahasa sms adalah bahasa Indonesia nonstandar yang ditandai oleh kata-kata Indonesia yang di hapus huruf vokalnya, misal kata makan menjadi mkn. Sebenarnya masih banyak lagi ragam bahasa yang ada di negara Indonesia, namun belum banyak yang saya betul-betul pahami, atas kekurangan yang ada dalam blog ini saya berharap masukkan-masukkan dari para blogger yang lain, wassalam...
refrensi:http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia
         http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_gaul
         http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_prokem

0 komentar:

Poskan Komentar